Selasa, 20 Juli 2010

Bom Waktu


Ketika program konversi minyak tanah ke gas, saya pernah juga ragu-ragu ketika memakai tabung gas dan memasang isi ulangnya. Bagaimana tidak ? Klep (karet pengaman) tabung gas untuk menahan kebocoran ternyata tidak juga diganti dengan yang baru setiap pengisian ulang tabung gas. Solusinya waktu itu klep lama dibolak balik, atau diganjal dengan karet gelang dan yang terakhir membuang klep lama ketika mengisi ulang biar diganti yang baru. "Wah, barang teknik bersiko tinggi seperti ini, batinku"

Ternyata hari-hari belakang ini ledakan akibat tabung gas terus menghantui pemakai bahan bakar pengganti minyak tanah tersebut. Ledakan itu bisa juga disebabkan kebocoran gas pada klep, tabung dan regulator yang kurang baik, dan kurangnya sosialisasi pemakaian kepada masyarakat.

Selanjutnya dilakukan sidak, pemeriksaan, penggerebekan, sosialisasi untuk mengatasi masalah ledakan gas elpiji tersebut yang telah menelan korban jiwa dan harta benda tersebut. Walaupun terlambat tidak apa-apa daripada tidak sama sekali.

0 komentar:

Posting Komentar

"Saya tunggu komentar yang membangun, terima kasih atas komentarnya"